Data dan Fakta GP Monaco

Data dan Fakta GP Monaco

Apa saja yang menarik dari lomba jet darat di sirkuit Monte Carlo, Monaco ini?
  • Monaco sudah menjadi tuan rumah sejak tahun 1950 dan telah menggelar ajang GP sebanyak 51 kali. Juan Manuel Fangio menjadi pembalap pertama yang tampil sebagai juara. Saat itu dia membalap bersama tim Alfa Romeo. 
  • Sirkuit Monte Carlo menjadi sirkuit dengan jarak tempuh paling pendek dibanding sirkuit-sirkuit lain, yaitu 3,340 km. Hal ini membuatnya menjadi GP dengan jumlah lap terbanyak yaitu 78 kali. 
  • Sirkuit ini tergolong unik karena berada di tengah kota sekaligus melewati bawah Hotel de Paris, Casino, melewati terowongan dan menyisir pelabuhan. Lintasannya juga sangat sempit yang membuat pembalap sulit melakukan overtaking
  • Tidak jarang insiden kecelakaan terjadi di GP Monaco ini dan salah satu yang masuk dalam catatan sejarah adalah tragedi yang menimpa Alberto Ascari tahun 1955. Dirinya terlibat kecelakaan yang membuatnya terlempar keluar bersama mobilnya dan masuk ke pelabuhan. Untungnya ia bisa keluar dan berenang ke pinggir pelabuhan. 
  • Ayrton Senna menjadi pembalap yang paling banyak memperoleh gelar juara di GP Monaco. Setidaknya enam gelar sudah diboyongnya. Michael Schumacher dan Graham Hill berada di urutan kedua dengan lima gelar juara. 
  • Dari 20 pembalap yang dijadwalkan mengikuti balapan kali ini, Schumi adalah pembalap yang paling sering mengisi pole position sebanyak tiga kali (1994, 1996 dan 2000).
  • Juara tahun 2004, Jarno Trulli, merupakan satu dari empat pembalap yang pernah menjuarai GP Monaco dan direncanakan akan hadir minggu ini. Tiga pembalap lainnya adalah Juan Pablo Montoya (2003), David Coulthard (2000 dan 2002) dan Schumi (1994, 1995, 1997, 1999 dan 2001). 
  • Monaco merupakan satu-satunya seri GP yang tidak akan melangsungkan sesi tes pada hari Jumat dan akan diganti pada Kamis. 
Sumber
Post Title : Data dan Fakta GP Monaco

Data dan Fakta GP Monaco,

Data dan Fakta GP Monaco

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...